1645877712

Kaprodi PAI PAI IIQ Jakarta Presenter Pada Kegiatan Annual International Seminar on Islamic Studies 2022 UMSU

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menyelenggarakan kegiatan ANNUAL INTERNASIONAL SEMINAR ON ISLAMIC STUDIES 2022 yang ketiga dengan tema Strenghening Humanity Network After the Covid-19 Pandemic. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 23-24 Februari 2022 secara daring.

Pada hari pertama, kagiatan yang dilaksanakan pada seminar internasional ini yaitu penyampaian materi oleh para speaker (narasumber) seperti Prof. Sukree Langputer, Ph.D dari Fatony University of Thailand, Prof. Dr. Muhammad Zain Musa, Ph.D dari Cambodia, Prof. Madya Dr. Ibrahim bin Mashim dari University Pendidikan Sultan Idris Malaysia dan pakar lainnya.

Pada hari kedua, kegiatan presentasi hasil makalah atau hasil riset oleh peserta yang dibagi dalam ruang break zoom masing-masing dan dikoordinatori oleh panitia bagian ruang zoom yang telah disediakan.

Kaprodi PAI IIQ Jakarta Ibu Reksiana, MA.Pd dalam kegiatan tersebut menjadi salah satu presenter pada ruang zoom 02. Makalah yang dipresentasikan oleh Ibu Reksiana, MA.Pd melalui zoom dengan durasi waktu 5-10 menit menggunakan bahasa Inggris dan merupakan hasil riset bersama mahasiswa Maura Indah Safina yang berjudul “Implementation of School Featured Programs in Achieving Student Learning Achievement at State Islamic Junior High School.” Dalam  pemaparannya, “Bahwa hasil riset ini menunjukan jika penerapan program kelas unggulan di MTs Negeri 1 Lampung Selatan dapat meningkatkan prestasi belajar dan prestasi akademik siswa pada aspek domain pembelajaran seperti: aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik.

Peningkatan hasil belajar domain pembelajaran dan prestasi akademik tersebut dicapai dari berbagai progam seperti Mabit dan Halaqoh Akbar, Rihlah Ilmiah, Muhadhoroh (latihan speaking English dan Arabic), sanggar seni,  dan juga KRP (Keterampilan Rumah Tangga), Talk Show Bahasa Arab, dan Tari Tradisional oleh siswa-siswi MTs Negeri 1 Lampung Selatan. Tak ayal temuan ini juga membukti bahwa para siswa-siswinya memiliki segudang prestasi seperti:  Juara pidato, Bahasa arab dan Ingris, Juara puisi, Juara Gitar Juara da’i  yang berskala lokal dan nasional. Temuan lain dalam penelitian ini pada aspek eksternal seperti sarana dan pra sarana yang lengkap memadai yang dimanfaatkan untuk mendukung berbagai program tersebut.

Makalah yang ditulis oleh presenter  dalam bentuk bahasa inggris ataupun bahasa Arab. Jika lulus proses seleksi akan diterbitkan pada jurnal nasional dan juga diterbitkan dalam bentuk buku prosiding ber-ISBN. Acara berlansung dengan lancar dan marak lantaran para peserta seminar dan presenter  berasal berbagai kampus dan lintas provinsi seperti Medan, Jakarta, Jawa, Riau dan Kalimantan dsb. (R.S)