WhatsApp Image 2022-06-15 at 2.54.41 PM

LPKM IIQ Membekali BIMTEK PKM Berbasis Riset Kepada Peserta KKL IIQ 2022

BIMTEK LPKM diawali dengan Narasi Kebangsaan Oleh Wakil Ketua MPR Dr. Jazilul Fawaid, SQ, MA dengan Tema “Peran Perempuan dan Pemberantasan Buta Aksara Al-Qur’an dan Pemberdayaan Masyarakat”

Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM)  juga membekali mahasiswi semester enam yang akan melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dengan memberikan “Bimbingan Teknis Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis Riset”. Narasumber pada bimtek kali ini adalah Bapak Dr. Muhammad Ulinnuha, Lc., MA.

Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa dalam proses pengabdian berbasis riset ada tiga komponen yang harus diperhatikan, yaitu harus melibatkan dua pihak antara peneliti dengan komunitas masyarakat, melakukan gerakan social dengan melakukan perubahan sosial kearah lebih baik, dan menciptakan keadilan sosial.

kkl3-768x418

“Selain itu, peserta KKL perlu merencanakan secara matang beberapa hal, yaitu: pertama, Melakukan persiapan baik secara teknis maupun metodologis. Kedua, Melakukan observasi awal, melalui cek lokasi, membangun komunikasi dengan informan dan mengenali demografi dan karakter komunitas yang ada. Ketiga, Pelaksanaan pengabdian berbasis riset. Pada tahap ini diawali dengan melakukan tes kemampuan baca Al-Quran sebelum melakukan pengajaran. Hal ini dilakukan dalam rangka mengidentifikasi kemampuan awal objek sasaran. Selanjutnya melakukan rekapitulasi dan pemetaan serta mengklasifikasinya. Tentu data tersebut sebagai langkah awal untuk menentukan metode apa yang akan dijadikan sebagai alat dalam proses belajar membaca Al-Quran. Keempat, Melakukan pengamatan konteks objek sasaran, diantaranya aspek social, kultural, ekonomi, politik dan teknologinya.” Tambahnya.