Pembukaan Festival Al-Qur’an Berjalan Meriah

JAKARTA- Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta bekerjasama dengan Kedutaan Republik Islam Iran dan Museum Nasional mengadakan Festival dan Semarak Ramadhan selama sepekan di Jakarta sejak Kamis sore 10/09/2009

Festival dan Semarak Ramadhan ini dibuka dengan seremoni yang cukup semarak dan relegius dan ditutup dengan acara buka bersama. Pembukaan acara ini secara resmi dilakukan oleh Dutabesar Iran untuk Indonesia Behrooz Kamalvandi, Ketua Majelis Ulama Indonesia Muhammad Junaidi, Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar dan Wakil Ketua DPR AM Fatwa di gedung Museum Nasional di Jakarta

Pembukaan dihadiri sekitar 500 lebih undangan tersebut disemarakkan alunan Qur’an oleh pembaca antarbangsa dari Indonesia, Fahruddin Sarumpaet, dan pembaca antarbangsa dari Iran, Mas’ud Inayat Mukaddam. Juga oleh grup Tasywid dari Iran, yang melantunkan ayat Al-Qur’an dan lagu-lagu ruhani Islam.

Dalam sambutannya, Kamalvandi menjelaskan panjang lebar tentang suasana Ramadhan di negaranya dan antusiasme rakyat Iran dalam menghafal dan mempelajari kandungan Al-Qur’an.

Tentang hubungan Iran-Indonesia, Kamalvandi mengatakan, sebagai sesama negara berpenduduk sebagian besar Muslim, kedua pihak senantiasa saling mendukung, baik secara dwipihak maupun di forum antarbangsa.

“Salah satu unsur keeratan hubungan Iran-Indonesia adalah kerena rakyat kedua negara dipersatukan oleh Islam,” katanya.

Sementara itu, dalam sambutan pada kesempatan sama, Ketua Majelis Ulama Indonesia Muhammad Junaidi memuji pemerintah Iran dalam upaya pengembangan Islam dan pengadaan kajian Al-Qur’an.

Muhaimin Iskandar dalam sambutannya mengajak Iran bekerja sama dengan Indonesia dalam melakukan kajian Al-Qur’an guna memajukan kecendiakiawanan umat Islam.

.Sehari setelah pembukaan ini, tepatnya Jum;at 11/09/2009 akan diselenngarakan seminar tentang Al-Quran, dengan narasumber antara lain Prof Dr Umar Anggoro Jeni (LIPI) dan Dr. Majid Mu’arif (Iran), moderator, Nadjematul Faizah dari PSW IIQ Jakarta. (AM)