1638852889

Seminar Internasional IIQ Jakarta Bahas Islam dan Al-Qur’an: Universalitas Ajarannya Dalam Berbagai Perspektif

Tangerang Selatan, IIQ Jakarta, Rabu, 1 Desember 2021. Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta menyelenggarakan Seminar Internasional Virtual dengan tema Islam dan Al-Qur’an: Universalitas Ajarannya Dalam Berbagai Perspektif”. Seminar ini menampilkan 5 orang pembicara dari Inggris dan Indonesia. Pembicara dari Inggris adalah MA. Kevin Brice, Independent Researcher in United Kingdom yang menyampaikan materi “Islam in West: The View of British Converts”. Pembicara kedua adalah Muhammad Ziyadul Haq, SQ, SHI, MA, Ph.D, dengan tema, “Orientalis dalam Perspektif Timur Tengah (Studi Kasus Diskursus Al-Qur’an dan Ilmunya). Pembicara ketiga adalah Ade Naelul Huda, MA, Ph. D, dengan materi, “Washatiyah al-Islam: Pesantren dan Ma’had Aly”. Pembicara keempat adalah Dr. Ahmad Syukron, MA dengan tema, ” Islam dan Al-Qur’an: Memahami Inklusivitas dalam Berbagai Dimensi”. Pembicara terakhir adalah Dr. Syamsul Ariyadi, M.Ag. yang menyampaikan materi “Universalitas Al-Qur’an Di Era Disrupsi: Harapan dan Tantangan”.

Materi seminat tersebut membahas tentang Islam yang rahmatan lil’alamin. Nilai-nilai universalnya mampu menyatukan manusia dalam satu pandangan antar sesama dengan penuh kasih sayang. Wujud aksi dari nilai-nilai universalitas tersebut adalah terimplementasi dalam sikap moderat, inklusif, dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Mengembangkan wawasan keislaman dan kequr’anan, nasionalisme dan kebangsaan, serta respek dengan keberadaan berbagai kalangan yang berbeda, dan mampu mensinergikan keberbedaan tersebut menjadi satu kehidupan yang dinamis, harmonis, dan bermanfaat.

Seminar Internasional ini dibuka oleh Rektor IIQ Jakarta, Dr. Hj. Nadjematul Faizah, SH, M.Hum, dan juga didahului oleh sambutan Direktur Program Pascasarjana, Dr. Muhammad Azizan Fitriana, MA. Acara ini merupakan pelaksanaan dari program kegiatan rutin prodi Magister dan Doktor Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir PPs IIQ Jakarta.

Kegiatan seminar ini juga bertujuan untuk menarik minat masyarakat luas terhadap IIQ Jakarta, terutama bagi kalangan masyarakat yang concern terhadap studi Islam dan Al-Quran. (AS)