Serunya Gathering Antara Mahasiswa Dan Dosen PIAUD IIQ Jakarta

Sabtu, 01 Februari 2020 Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta mengadakan outbond ke Gunung Pancar Sentul Jawa Barat. Peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 45 orang yang terdiri dari Mahasiswa semester II, IV, VI, para staff dan dosen PIAUD IIQ. Meski guyuran hujan yang begitu deras namun tidak menyurutkan semangat para peserta untuk berangkat.

Acara ini bertujuan untuk memupuk nilai-nilai karakter individu yang dikemas dalam bentuk permainan yang menarik dengan tujuan mengasah ketangkasan, kepemimpinan, dan kerja tim. Diantara game yang dimainkan antara lain Fun Warming Up, Set Crot, Apple Banana, Sandi, Transfer Stik, The Kabayan, UFO, Mouse Trap, Empathy Ball, Magic Star dan lain-lain. Masing-masing game memiliki achievement goal yang sangat bermanfaat untuk mengasah karakter dan jiwa kepemimpinan kita. Seperti Emphaty Ball bermanfaat untuk meningkatkan daya empati kita terhadap sesama. Mengingatkan kita akan kekurangan dan kelemahan kawan kita sehingga memberikan tanggungjawab sesuai porsinya.

Kemudian game Magic Star mengasah ketangkasan berfikir untuk memperoleh pemecahan masalah yang ada. Mouse Trap mengedepankan kemampuan komunikasi, jadi informasi yang kita sampaikan itu harus jelas dan benar. Bila salah menyampaikan informasi akan berakibat fatal. Sedangkan permainan UFO, belajar mempercayai kawan baik sebagai teman, partner kerja, ataupun sebagai atasan kita.

Dengan diadakan kegitan ini kami mengharapkan setiap mahasiswa PIAUD bisa tumbuh jiwa kepemimpinan, mengembangkan kreativitas dan menanamkan rasa kepedulian serta kepercayaan antar sesama. Sepulang dari kegiatan terasa sekali manfaat yang disampaikan saat kegiatan outing bahwa tidak ada satu manusiapun yang bisa hidup sendiri, manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan pertolongan orang lain. Maka belajarlah untuk menghormati teman kita, belajarlah untuk menghargai teman kita agar kita dihormati dan dihargai mereka. Harapan dari  Kaprodi PIAUD IIQ Jakarta, Hasanah, M.Pd menyatakan “Semoga manfaat kegiatan hari ini tidak hanya dirasakan oleh segelintir peserta saja, tetapi dapat dirasakan oleh semua peserta yang berpartisipasi dan hasil kegiatan ini merupakan langkah demi langkah untuk menggapai impian mahasiswa.”

Acara dimulai pukul 10.00 WIB dan berakhir pukul 16.00 WIB. (Hs)