56988d48-2144-42da-b0f5-bb2d28981c9a

Studium General Fakultas Syariah, Bahas Peran Perguruan Tinggi dalam Kemandirian Ekonomi Pesantren

Pada Rabu, 29 November 2023, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta mengadakan Studium General dengan tema “Peran Perguruan Tinggi dalam Mendorong Kemandirian Ekonomi Pesantren”. Acara ini diadakan di Aula Kampus IIQ Jakarta.

Studium General ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam kepada mahasiswa Fakultas Syariah IIQ Jakarta tentang peran penting perguruan tinggi dalam mendorong kemandirian ekonomi pesantren. Dalam kegiatan tersebut, narasumber yang dihadirkan adalah Bapak Misha Nugraha Ramadhan, Ekonom Senior Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia.

Bapak Misha Nugraha Ramadhan merupakan sosok yang berpengalaman dan ahli di bidang ekonomi dan keuangan syariah. Keberadaannya sebagai narasumber di acara ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang baik dan solutif kepada mahasiswa Fakultas Syariah IIQ Jakarta dalam menghadapi permasalahan ekonomi pesantren.

Rektor IIQ Jakarta Ibu Dr. Hj. Nadjmatul Faizah, SH, M. Hum pada kesempatan ini menyatakan bahwa IIQ Jakarta telah memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Hal ini, kata Rektor, terlihat dari keberadaan Program Studi Hukum Ekonomi Syariah tingkat sarjana dan magister, serta Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf serta inisiatif mendirikan koperasi syariah yang ada di IIQ Jakarta.

“Juga Inisiatif kami dalam mendirikan koperasi syariah IIQ Jakarta merupakan bukti nyata dari komitmen kami untuk mengintegrasikan ilmu pengetahuan dengan praktik keuangan syariah. Harapannya, koperasi syariah ini dapat menjadi contoh bagi pesantren-pesantren lain, menjadi landasan bagi kemandirian ekonomi di tingkat local”

Pada kesempatan ini, narasumber menyampaikan lima poin penting yaitu Urgensi Pengembangan Ekonomi Dan Keuangan Syariah, Urgensi Pengembangan Kemandirian Ekonomi Pesantren, Program Bank Indonesia Dalam Pengembangan Kemandirian Ekonomi Pesantren, Key Succes Factor; Lesson Learned Kajian Uji Coba Penguatan Ekosistem Unit Usaha Ponpes, dan Peran Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Kemandirian Ekonomi Pesantren.

Bapak Misha menyatakan strategi akselerasi penguatan ekonomi pesantren diantaranya; Istiqomah melaksanakan program secara berjamaah, Konsisten membangun kapasitas profesionalitas dan tata Kelola serta adanya Dukungan akselerasi kebijakan yang menjadi game changer.

Acara Studium General ini dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Syariah dan akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube resmi IIQ Jakarta. Diharapkan melalui Studium General ini, mahasiswa Fakultas Syariah dapat memperluas pemahaman mereka mengenai peran perguruan tinggi dalam mendorong kemandirian ekonomi pesantren.

56988d48-2144-42da-b0f5-bb2d28981c9a
Narasumber Bapak Misha Nugraha Ramadhan, seorang Ekonom Senior Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia saat sedang menyampaikan materi, dan moderator bapak Syafaat
3977ec2a-a267-4c9b-86d1-67cf210c9c82
Rektor IIQ Jakarta Ibu Dr. Hj. Nadjmatul Faizah memberikan Cinderamata kepada narasumber
e5e2b31c-0860-4963-b0f3-de5081fc7077
Dekan Fakultas Syariah memberikan buku kepada narasumber sebagai kenang-kenangan
3a201c7a-63cf-4eb9-ad92-76ffe4092509
Foto bersama setelah acara selesai

 

970d68c8-5529-433f-8e5a-42f8bcdcf910