08426749-9a85-4303-93f0-e511935c7e7e

Sukses Gelar Wisuda, IIQ Jakarta Lepas Ratusan Sarjana Hafizh Qur’an

Tangerang Selatan, 16 September 2023 – Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta sukses menggelar upacara wisuda tahun 2023 dengan meriah di Gedung Universitas Terbuka Convention Center UTCC, Jln Raya Pondok Cabe, Tangerang Selatan, pada Sabtu ini. Acara yang berlangsung dengan khidmat ini menjadi momen bersejarah bagi ratusan wisudawan yang telah menunjukkan ketekukan yang luar biasa dalam menyelesaikan Pendidikan akademik dan hafalan Al-Quran mereka di berbagai program studi yang ditawarkan oleh IIQ Jakarta.

Dalam pidatonya, Rektor IIQ Jakarta Dr. Hj. Nadjmatul Faizah, mengungkapkan kebahagiaannya atas capaian prestisius ini. Jumlah mahasiswa yang diwisuda mencakup berbagai fakultas dan program Pascasarjana yang ada di kampus tersebut.

Selain itu, Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan kepada IIQ Jakarta dalam mencapai prestasi tinggi dalam berbagai event MTQ. IIQ Jakarta telah mencatatkan dirinya sebagai lembaga pendidikan yang mencetak banyak prestasi di tingkat nasional maupun international.

“Bahwa mahasiswa IIQ Jakarta memiliki keunggulan prestasi dalam event MTQ nasional maupun internasional. Begitu juga dengan dosen-dosen maupun instruktur Tahfizh IIQ Jakarta, aktif berpartisipasi di MTQ baik sebagai peserta maupun sebagai dewan hakim” kata Rektor pada Sabtu, 16 September 2023.

Pada prosesi Wisuda Sarjana ke-24, Magister ke-17, Doktor ke-3 dan Dies Natalis ke-46 ini, IIQ Jakarta meluluskan 513 sarjana hafizh Qur’an.

Rektor IIQ Jakarta mewisuda 29 lulusan dari Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam dengan Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, serta Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf dengan 13 orang wisudawan. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir juga memberikan kontribusi signifikan yaitu 180 lulusan, serta 23 lulusan dari Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Sementara itu, Fakultas Tarbiyah berkontribusi dengan 120 lulusan dari Prodi Pendidikan Agama Islam dan 20 lulusan dari Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Tak ketinggalan, Program Pascasarjana IIQ Jakarta juga memberikan kontribusi yang tak terhingga, dengan 61 lulusan dari Prodi Magister Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 31 lulusan dari Prodi Magister Hukum Ekonomi Syariah, 29 lulusan dari Prodi Magister Pendidikan Agama Islam, dan 7 lulusan dari Prodi Doktor Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Ketua Umum Yayasan IIQ Jakarta Ir. Rully Chairul Azwar mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan menyampaikan penghargaan atas segala prestasi yang telah diraih IIQ Jakarta.

“Pada kesempatan ini, perkenankan saya mengungkapkan rasa syukur dan bangga saya kepada IIQ, karena konsistensinya dalam mempertahankan eksistensinya sebagai Perguruan Tinggi Islam Swasta yang konsen dalam kajian keislaman, khususnya dalam bidang ilmu Al-Qur’an. Semoga IIQ Jakarta memberikan manfaat seluas-luasnya sebagai bentuk dedikasi IIQ Jakarta bagi Masyarakat, agama, dan bangsa yang tercinta” lanjut Ketum Yayasan.

Sebelumnya, IIQ Jakarta juga telah sukses menyelenggarakan wisuda tahfizh Al-Quran dan khataman Al-Quran 30 juz bil ghoib pada 08 September 2023 di Pesantren Takhassus IIQ Jakarta.

Prestasi akademik yang luar biasa ini menunjukkan komitmen IIQ Jakarta dalam mencetak sarjana hebat dan para penghafal Al-Quran.

Upacara wisuda ini dihadiri oleh berbagai tokoh agama, pejabat pemerintah, dan para pemangku kepentingan lainnya. Mereka memberikan ucapan selamat kepada para wisudawan dan mengakui pentingnya peran IIQ Jakarta dalam mendidik para penghafal Al-Quran.