1638362239

Kontingen IIQ Jakarta Sabet Juara pada Ajang Bergengsi OASE PTKI Se-Indonesia 2021

Kontingen Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta meraih juara pada ajang bergengsi Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) PTKI Se-Indonesia 2021. Kontingen IIQ yang diwakili oleh Lia Nurlia Ajizah, Nur Azizah Trijayanti dan RizkyAulia Isyatami H ini berhasil meraih juara 3 pada cabang Karya Inovasi (Karya Tulis Al-Qur’an).

Dengan mengangkat judul tulisan Strategi Qur’ani untuk Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Perspektif Tafsir Maqasidi, kontingen IIQ Jakarta berhasil menyisihkan ribuan peserta lainnya. Mahasiswa IIQ yang mengikuti cabang Karya Tulis ini sebelumnya melakukan pembinaan secara intens dengan Bapak Dr. Muhammad Ulinnuha Husnan, MA.

Kegiatan babak final OASE PTKI yang berlangsung secara hybrid ini diselenggarakan selama empat hari (25-28 November 2021) oleh Kementerian Agama dan bertempat di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD), tepatnya di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Pada helatan akbar ini, diketahui sejumlah 2.985 peserta ikut berkompetisi dan terpilih sejumlah 524 mahasiswa yang kemudian melaju pada babak final, termasuk peserta dari Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta.

Kegiatan ini terdiri dari beberapa cabang lomba dan dilakukan dalam dua tahap (penyisihan dan final). Terdapat 11 cabang yang dilaksanakan secara luring dalam OASE PTKI-1, yaitu Literasi dan Inovasi Teknologi, Nanoteknologi, Iklim, Limbah, Lingkungan dan Sumberdaya, Produk Halal dan Ketahanan Pangan, Deteksi dan Mitigasi Bencana, Sosial Keagamaan, Media Pembelajaran, Desain dan Arsitektur Islam, Astronomi/Ilmu Falak, Robotik dan Programming, serta Karya Tulis Al-Quran.

Selain itu, ada delapan bidang lomba lainnya yang dilakukan secara daring, yaitu: Sains yang meliputi Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, Karya Inovasi, Debat Ilmiah, Business Plan, Qiratul Kutub, Pemilihan Dai Mahasiswa, Fahmil Quran dan Story Telling.

Rektor IIQ Jakarta Ibu Dr. Hj. Nadjematul Faizah, SH. M. Hum sebelumnya memberikan rekomendasi kepada beberapa mahasiswa IIQ untuk mengikuti kegiatan Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OASE PTKI) I se-Indonesia tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama ini.

Adapun perwakilan dari IIQ Jakarta yang masuk pada babak penyisihan yaitu peserta pada cabang Dai mahasiswa, Storry Telling, Qiroatul Kutub, dan Karya Ilmiah Al-Quran.

Warek III IIQ Jakarta Ibu Dr. Hj. Romlah Widayati, MA mengucapkan rasa bangga dan syukurnya atas prestasi mahasiswa IIQ Jakarta yang membanggakan ini. Beliau berharap semoga mahasiswa IIQ terdorong untuk terus berkarya dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

Sementara itu, Kepala Bagian Kemahasiswaan Ibu Iffati Zamimah, MA mengungkap bahwa selama perlombaan berlangsung para mahasiswa terlihat begitu antusias dan semangat dalam berkompetisi. Menurutnya, mahasiswa IIQ Jakarta memiliki potensi yang besar.  “Perlombaan ini sangat prestisius di ranah perguruan tinggi keagamaan, PTKIS perlu mengikuti ajang ini dan membuktikan bahwa tidak kalah saing dengan PTKIN. Khusunya IIQ Jakarta memiliki potensi yang sangat besar dalam berpartisipasi pada cabang-cabang dan lomba seperti ini terutama yang berkaitan dengan kekhususan IIQ Jakarta. Ajang ini menantang kita semua untuk membumikan dan mengaplikasikan kandungan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.” Tuturnya

Atas keberhasilan yang telah diraih oleh kaum intelektual muda IIQ ini, seluruh civitas akademika IIQ Jakarta mengucapkan selamat dan sukses kepada para pemenang, semoga mahasiswa-mahasiswa IIQ dapat terus meningkatkan dirinya untuk maju dan berjaya. (FP)