FUD Gelar Kuliah Metodologi Penelitian bagi Dosen IIQ Jakarta

(03/10/2019) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) telah mengadakan Kuliah Metodologi Penelitian (KMP) Seri 02 Bagi Dosen di lingkungan Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta dengan tema “Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Islam”. Acara ini diadakan di Aula kampus IIQ Jakarta, jl. Ir. H. Juanda No. 70 Ciputat Tangerang Selatan. Acara ini dihadiri oleh para Dosen yang tidak hanya di lingkungan FUD tetapi semua dosen di lingkungan IIQ Jakarta.

Pelatihan ini merupakan salah satu media untuk meningkatkan kualitas Dosen dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, yaitu di bidang penelitian. Dengan adanya KMP ini dapat meningkatkan  kualitas keilmuan serta memotivasi para dosen di bidang penelitian khususnya di bidang kajian Al-Qur’an dan Dakwah Islam. Di sisi lain adanya KMP ini secara output akan menghasilkan kualitas lulusan sarjana yang dapat memberikan konstribusi positif bagi masyarakat.

Adapun yang menjadi narasumber pada KMP seri 02 kali ini adalah Bapak Dr Aksin Wijaya. Beliau ini adalah Direktur Pascasarjana IAIN Ponorogo. Sementara KMP ini dimoderatori oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Dr. Muhammad Ulinnuha. Dalam presentasinya, Aksin Wijaya menyampaikan secara detail bagaimana langkah yang tepat dalam penelitian; mulai dari pra proposal, menyusun proposal dan strategi menulis. Menurutnya, hal yang terpenting dalam proses menulis harus dipandu oleh teori yang sudah dirumuskan di dalam proposal. Agar proses penulisannya benar-benar dipandu oleh teori, kita harus paham betul akan teori itu, dan menjadikan teori itu dari kerja pikiran kita. Selain itu, Tulisan harus sistematis, logis dan konsisten sesuai rumusan masalah, tujuan dan teori. (MN)